Senin, 17 September 2012

Menjelaskan Tentang Mozilla Public License


       Mozilla Public License (MozPL atau MPL). MozPL mengandung definisi umum mengenai kapan dan bagaimana kode program yang tercakup dalam lisensi. Istilah yang digunakan adalah “Covered Code”. Kode program yang dilisensikan di bawah MozPL dianggap sebagai kumpulan source files; modifikasi dari source file yang asli juga dianggap tercakup dalam lisensi ini. Demikian juga source file baru yang memasukkan  ekstraksi  dari  source  file  yang  asli. File-file  yang  baru  atau yang  dimodifikasi disyaratkan dilisensikan dengan lisensi yang sama. Dalam hal ini MozPL memiliki kemiripan dengan GPL dalam hal mengharuskan berbagi modifikasi kode program dan mencegah kode program open source diubah menjadi propietary.

Akan tetapi MozPL secara eksplisit mengizinkan kombinasi kode program MozPL dengan kode program propietary untuk membuat program propietary yang tidak harus dilisensikan sebagai

MozPL (istilah yang digunakan adalah “Larger Work”); suatu program dapat dilisensikan berbayar dan kode programnya tidak harus dirilis untuk publik. Pemisahan kode program open source dan kode program propietary terletak pada source file.

Sehingga produk open source yang dirilis sebagai MozPL dapat dikembangkan atau diperluas dengan kode program propietary membentuk produk propietary baru. Syaratnya, hal tersebut dibolehkan sepanjang kode program MozPL dan kode program propietary berada dalam file yang terpisah. Lalu keduanya berinteraksi dengan API (Application Programming Interface) yang terdefinisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar